PEMBENTUKAN RUMAH DESA SEHAT (RDS) DESA KEBONADEM, MEWUJUDKAN WARGA SEHAT DESA SEHAT

kebonadem.desa.id – Musyawarah Desa (MUSDES) Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Kebonadem Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Rabu (23/2/2022) di Aula Balai Desa Kebonadem. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Salah satu program untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa dalam bidang kesehatan yaitu pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS). Perencanaan dan Kegiatan yang Prioritas Pada Rencanan Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Kebonadem tahun anggaran 2023.

  

Dalam menyikapi masalah ini, Tim Pelaksanan Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal dan Pemerintah Desa Kebonadem melalui Musyawarah Desa (MUSDES) menghadirkan Unsur PKK,Kader Kesehatan,KPM, Karang Taruna, Bidan Desa, RT/RW,LPMD,Tomasy/Toga, Pimpinan BPD dan Anggota BPD, Perangkat Desa telah sepakat membentuk Rumah Desa Sehat (RDS).

Kepala Desa Kebonadem yang diwakili Sekretaris Desa  Nasikhin, H menyampaikan rasa terima kasih dan optimismenya agar pŕogram baru desa dalam bidang kesehatan ini dapat berjalan dengan selaras sesuai ekspektasinya. dan menghimbau kepada warga masyarakat Desa Kebonadem agar selalu menerapkan prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

  

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Brangsong dalam hal ini diwakili Nur Fatoni pendamping Desa dalam sambutannya “ Tujuan dibentuknya RDS adalah sebagai forum untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat “

Beliau juga memberikan pemaparan mengenai apa tujuan dibentuknya RDS ini salah satunya adalah untuk menekan angka stunting yang masih tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu terkait dengan stunting mendatangkan dampak yang negatif baik dari segi personal maupun nasional.Stunting itu sendiri merupakan akibat gagal tumbuh dan gagal kembang yang di sebabkan oleh beberapa faktor antara lainnya: kurang gizi, penyakit, lingkungan yang tidak higienis. Oleh sebab itu melalui RDS serta pos pos posyandu dapat mewujudkan masyarakat desa kebonadem yang sehat, dengan penyuluhan ķesehatan, penambahan makanan bergizi untuk balita.

Ketua BPD Desa Kebonadem Wawan Gunawan, ST dalam sambutannya Program Rumah Desa Sehat Desa Kebonadem merupakan pendekatan terhadap permasalahan kesehatan yang langsung menyasar pada masyarakat luas khususnya berada di Desa Kebonadem.

"Sebelum dibentuknya Rumah Desa sehat harapan saya bisa dikaji untuk pengenalan masing-masing ditiap dusun terkait kesehatan yang ada masyarakat Desa Kebonadem" imbuhnya

Rumah Desa Sehat  merupakan new program desa untuk mewujudkan warga sehat dan desa sehat. dimana Rumah Desa Sehat  ini di koordinasi oleh KPM ( Kelompok Pembangunan Manusia ). Dalam musyawarah Desa ini selain Pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) sekaligus pembentukan pengurus Rumah Desa Sehat.

 

Admin by.Aa.NO

*


Dipost : 2022-02-24 02:13:13 | Dilihat : 177