UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SECARA SPORADIC

kebonadem.desa.id – Tidak hanya tugas pemerintah, menjaga lingkungan  dengan tidak membuang sampah sembarangan ,perlu andil dari semua pihak, termasuk masyarakat. Kesadaran diri agar tidak membuang sampah sembarangan merupakan upaya menjaga lingkungan.

“Kesadaran ini (tidak membuang sampah sembarangan) harus tumbuh dalam diri kita semua  sebagai masyarakat sih ?,” ucap Kaur Perencanaan Desa Kebonadem.Ngadiyono

Sementara itu, kerap ditemukan lokasi-lokasi diwilayah Desa Kebonadem salah satunya bawah jembatan bantaran tanggul Kali Waridin, yang sejatinya bukan tempat sampah justru melimpah sampah menumpuk di lokasi tersebut, hanya sebagian kecil warga Desa Kebonadem yang membuang  ,melainkan  kebanyakan warga luar Desa Kebonadem .Maka tidak heran masyarakat  Desa Kebonadem yang sadar kemudian geram dengan tindakan oknum yang membuang sampah sembarangan. Mereka  bersama Pemdes Kebonadem lantas memasang Spanduk Himbauan  teguran yang bahkan bahasanya bernada ancaman. Untuk itu langkah Pemdes Kebonadem menghimbau kepada masyarakat untuk jakga kebersihan lingkungan membuang sampah pada tempatnya dengan ikut berlangganan jasa pembuangan sampah di Desa Kebonadem/ unit pengelolaan sampah BUMDes.

Secara umum kesadaran sebagian besar masyarakat Desa Kebonadem sudah cukup baik. 70% - 85 % per Dusun/Rw sudah ikut berlangganan jasa buang sampah ke TPA,  Namun oknum atau sebagian kecil masyarakat masih tidak peduli dengan kebersihan lingkungan, hanya memberikan teguran dan sanksi sosial  mereka yang tidak peduli dan buang sampah sembarangan. Sayangnya, terkadang masih mendapat perlawanan  masyarakat yang arogan  dan tidak peduli kebersihan.

“Mudah-mudahan masyarakat yang sudah sadar dapat ikut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tidak peduli pada kebersihan,” harap Kaur Perencanaan .

Kepala Desa Kebonadem Bisri,H berterimakasih kepada masyarakat yang kini semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.  “Yang paling utama adalah kesadaran bersama. Saya yakin jika ini sudah terbangun, Desa Kebonadem ini akan semakin bersih,menjadi pilot Desa Sehat" ujar dia

Dalam rangka mendukung Program Bupati Kendal Dico M.Ganinduto,B.Sc tentang Pembuangan Sampah Secara Sporadic, Kepala Desa Kebonadem menghimbau Kepada pengurus Rt/Rw,seluruh lapisan masyarakat Desa Kebonadem untuk melakukan  langkah-langkah :

1. Melakukan pengawasan diwilayah masing-masing untuk memastikan bahwa wilayahnya bebas dari pembuangan        sampah secara Sporadic.

2. Melarang dan memberikan teguran kepada warga diwilayahnya atau pihak lain yang melakukan pembuangan              sampah secara sporadic.

3. Memberikan papan nama atau baliho diwilayah masing-masing yang berisi Larangan membuangan sampah secara      sporadic.

admin By.Aa.No

*

*


Dipost : 2021-06-03 00:32:38 | Dilihat : 3088